Social Icons

Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

MANUSIA DAN PENDERITAAN


Nama               :  ARIEF BUDIMAN
NIM                 :  232.108.217
Mata Kuliah   :  IBD
 
MANUSIA DAN PENDERITAAN

A.    Penderitaan
Penderitaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu dari kata “dhara” artinya menahan, menanggung derita berarti menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak sama. Penderitaan itu bisa lahir atau batin, bahkan bisa lahir batin.
Baik dalam Al-Qur'an maupun dalam kitab suci agama lain banyak surat dan ayat yang menguraikan tentang penderitaan yang dialami manusia itu berisi peringatan bagi manusia akan adanya penderitaan.

B.     Penderitaan dan Noda Dosa Pada Hati Manusia
Penderitaan dapat timbul akibat dosa pada hati manusia. Menurut Al-Ghozali dalam kitabnya “Ihya Ulumudinorang yang suka iri hati, hasut, dan dengki akan menderita lhir dan batin dan selalu akan merasa tidak puas dan tidak kenal berterima kasih.
Untuk mengobati hati yang menderita itu sebelumnya perlu diketahui tanda-tanda (hati yang sakit). Setiap anggota badan diciptakan untuk melakukan suatu pekerjaan, apabila hati sakit, maka ia tidak dapat melakukan pekerjaan dengan sempurna.
Menurut Al-Ghozali untuk mengobati penyakit dalam hati adalah dengan cara mengenali atau ma’rifat yang membawa semngat taat kepada Allah dengan cara menentang hawa nafsu.

C.    Sumber Penderitaan
  1. Hakekat manusia
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang tersusun dari perpaduan dan saling berhubungan dengan mempengaruhi antara unsur-unsur jasmani dan rohani. Karena itu, penderitaan dapat pula terjadi pada tingkatan rohani maupun jasmani.
  1. Dorongan Memenuhi Kebutuhan Sebagai Sumber Penderitaan
Dalam memenuhi kebutuhan, nafsu memegang peranan yang sangat penting dan cenderung menuntut dipenuhinya kepuasan akan keinginan. Bila tujuan dapat terpenuhi, maka rasa kepuasan dapat diperoleh, tetapi bila tujuan tidak terpenuhi maka akan terjadi penyesalan, kesedihan dan penderitaan.


D.    Makna Siksaan
Siksaan dapat berupa penyakit, siksaan hati, siksaan badan oleh orang lain, dan sebagainya.

E.     Makna Rasa Sakit
Rasa sakit adalah rasa yang tidak enak bagi si penderita. Rasa sakit atau penyakit tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.
  1. Sakit merupakan Sunatullah
  2. Sakit merupakan Ujian
  3. Sakit sebagai Peringatan
  4. Sakit sebagai Adzab
  5. Upaya penyembuhan
a.       Allah menentukan penyembuhnya
b.      Manusia wajib berikhtiar
Dengan mempelajari sunatullah, ilmu kedokteran modern telah banyak mengungkap sebab akibat maupun cara mengobati berbagai penyakit.

F.     Neraka
Neraka adalah Darul Adzab, yaitu tempat siksaan bagi orang yang berbuat dosa, durhaka, dan orang-orang yang ingkar kepada Allah SWT.
Macam-macam neraka, antara lain :
  1. Neraka Jahanam
  2. Neraka Ladlo
  3. Neraka Huthamah
  4. Nerakan Sa’ir
  5. Neraka Saqor
  6. Neraka Jahim
  7. Neraka Hawiyah







MANUSIA DAN KEINDAHAN

A.    Pengertian Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, baik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah keindahan.

B.     Makna Keindahan
Mengenai batasan keindahan pada umumnya dapat digolongkan pada 2 kelompok :
1.       Definisi-definisi yang bertumpu pada obyek (keindahan yang obyektif) ialah keindahan yang memang ada pada obyeknya, yang diharuskan menerima sebagaimana mestinya.
2.       Definisi-definisi yang bertumpu pada subyektif (keindahan yang subyektif) ialah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi subyek yang diharuskan menghayatinya.
Jadi keindahan itu adalah sesuatu kesatuan hubungan yang formal daripada pengamatan yang dapat menimbulkan rasa senang.
Sekedar penguat konstatasi di atas, baik juga dilihat beberapa persepsi menurut keindahan berikut ini :
  1. Menurut Leo Tolstoy (Rusia)
Keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat.
  1. Menurut Winchelmann
Keindahan dapat terlepas sama sekali dari kebaikan.
  1. Menurut Hume (Inggris)
Keindahan adalah yang paling banyak mendatangkan rasa senang.

C.    Estetika (Teori Tentang Keindahan dan Seni)
Manusia memiliki sensabilitas esthetis, karena itu manusia tidak dapat dilepaskan dari keindahan. Manusia membutuhkan keindahan dalam kesempurnaan (keutuhan) pribadinya.

D.    Perasaan Keindahan
Sebenarnya perasaan keindahan manusia itu tetap dari zaman ke zaman, antara manusia yang satu dengan yang lain di lain tempat, baik pria maupun wanita, desa maupun kota dan sebagainya.
Namun demikian dalam bidang kemanusiaan (dalam diri manusia), juga ada unsur yang dinamis. Jadi dalam diri manusia terdapat dua unsur :
  1. Unsur Statis
  2. Unsur Dinamis
Unsur dinamis adalah unsur-unsur yang disesuaikan dengan kesan-kesan yang diperoleh dari dunia luar.

E.     Keindahan Dunia
Pada dasarnya menikmati keindahan dari kebaikan dunia adalah bagian dari kemanusiaan itu sendiri. Mengingkarinya adalah juga pengingkaran terhadap hakikat manusia itu sendiri.

F.     Manusia dan Keindahan
Akal budi merupakan kekayaan manusia, tidak dimiliki makhluk lain. Oleh akal dan budi manusia memiliki kehendak atau keinginan pada manusia itu tentu saja berbeda dengan “kehendak dan keinginan”.
Persepsi keindahan yang muncul dari akal dan budi dapatlah disebut sebagai keindahan alam arti yang sebenarnya.

G.    Renungan
Renungan berasal dari kata renung; merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.

H.    Keserasian
Keindahan berasal dari kata serasi, serasi dari kata dasar rasi artinya cocok sesuai, atau kena benar. Keserasian identik dengan keindahan. Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah.

I.       Kehalusan
Kehalusan berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik (budi bahasa), beradab. Halus bagi manusia itu sendiri ialah berupa sikap, yakni sikap halus adalah sikap lembut dalam menghadapi orang. Lembut dalam mengucapkan kata-kata, lembut dalam roman muka, lembut dalam sikap anggota badan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

 

Sample text

Sample Text

Sample Text